Home » » Jenis Karangan

Jenis Karangan

Written By CIK GU B1NDO on Selasa, 30 Desember 2014 | 00.07

Mengenal jenis karangan

                                                                                Narasi : 
  • fiktif/imajinatif, cerita yang ditulis berupa khayalan/rekaan  si pengarang, seperti cerpen,  novel, dongeng, dan lain-lain
  • ekspositoris, nonfiksi, bukan hayalan, atau kejadian yang sebenarnya, seperti pengalaman pribadi/orang lain, peristiwa lokal, regional, nasional, atau internasional, termasuk biografi atau autobiografi.  Contoh  narasi  : Pada tanggal 20 Desember 2014,  merupakan hari terakhir pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015 bagi seluruh lembaga pendidikan di kota Batam. Muslim Bidin selaku Kepala Dinas Pendidikan mengharapkan pada semester genap dunia pendidikan di kota Batam dapat lebih meningkatkana kiprahnya yang lebih baik lagi.
 Deskripsi
  • merupakan bentuk tulisan yang bertujuan untuk melukiskan, menggambarkan,  memerikan, atau memberi perincian-perincian dari objek yang sedang dibicarakan. Penulis memindahkan kesan-kesan/memindahkan  hasil pengamatan dan perasaan kepada pembaca seolah-olah menyaksikan situasi yang dipaparkan penulis.                                                                                               Contoh deskripsi,
Eksposisi
  • merupakan bentuk tulisan untuk menerangkan/menguraikan satu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Tujuan utama eksposisi adalan memperluas  pandangan/menambah  ilmu  pengetahuan pembaca . Tulisan ini juga berupa uraian-uraian ilmiah populer dan uraian ilmiah lainnya. penulis hanya memmaparkan atau menerangkan suatu pokok persoalan. Bahasa yang  digunakan adalan bahasa berita.
Argumentasi
  • merupakan tulisan yang bertujuan membuktikan kebenaran   pendapat dengan mengemukakan data dan fakta untuk menyakinkan pembaca. Karangan jenis ini harus logis, kritis, dan objektif, dan sistematis.
Persuasi
  • Merupakan tulisan yang bertujuan untuk membujuk. mempengaruhi, dan mengajak pembaca untuk mengikuti kemauan si penulis, misalnya iklan, poster, dan lain-lain.


     
     


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. CIK GU B1NDO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger