Home » » Kembali ke KTSP

Kembali ke KTSP

Written By CIK GU B1NDO on Minggu, 28 Desember 2014 | 06.30

Kurtilas ke KTSP lagi

       Untuk semester genap t.p. 2014/2015, ESEMKA Al-Azhar Batam kembali melaksanakan KTSP yang sempat ditinggalkan selama satu semester.  Untuk sementara waktu selamat tinggal "kurtilas".  Mungkin nanti kita  akan ketemu lagi entah itu kapan sesuai dengan anjuran pemerintah. Kecuali  untuk sekolah percontohan untuk tetap menggunakan kurtilas, dan akan dijadikan pedoman bagaimana kelanjutan nasib kurtilas ini. 
     Guru-guru menyambut baik keputusan pemerintah, dalam hal ini Pak Anies Baswedan yang telah meninjau ulang pelaksanaan kurtilas yang amburadul sana-sini. Kurtilas ini sangat cocok untuk sekolah yang lokasinya di perkotaan atau yang sudah melek komputer dan internet. Namun bagi sekolah yang jauh da jangkaun internet atau belum melek komputer, bagaimna bisa melaksanaknnya sesuai dengan tuntutan silabus? Hal ini karena bukanlah perkara gampang untuk berganti kurikulum tanpa ada projek percontohan terelebih dulu.
       Walaupun tidak menggunakan kurtilas, tetapi tidak sepenuhnya  meninggalkannya. Pada proses penilaian kami tetap menggunakan kurtilas yaitu penilaian autentik yang mana penilai berlangsung pada saat proses pembelajaran  sehingga penilaian dapat lebih objektif. Penilain pengetahuan, ketrampilan, dan sikap akan dilaksanakan sesuai dengan rambu-rambu kurtilas. Jadi nanti setelah kurtilas dilaksanakn kembali, maka guru tidak akan canggung lagi menggunakannya.
        Banyak hal positif yang dapat diambil dari kurtilas untuk dilaksankan pada ktsp 2006, sepeti proses pembelajaran, model pembelajaran, dan proses penilaian. Hal ini akan membuat pelaksanaan ktsp dapat terlaksana secara lebih maksimal. Ini  juga akan membantu guru dalam banyak hal termasuk meringankan kerja guru dalam proses penilaian, karena pada akhir semester guru hanya akan mengimput nilai UAS saja karena nilai-nilai hari sudah diimput setiap ada pertemuan. 
         Okay... welcome back KTSP for a while....
        

 



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. CIK GU B1NDO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger