Home » » Menyampaikan Laporan

Menyampaikan Laporan

Written By CIK GU B1NDO on Senin, 29 Desember 2014 | 07.52

Cara menyampaikan laporan dan presentasi lisan


 
Cara penyampaian laporan menggunakan pola urutan :
  1. Urutan waktu, melaporkan kegiatan dimulai di hari pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
  2. Urutan tempat, melaporkan hasil kunjungan ke perusahaan penerbitan. Kita melaporkan hasil kunjungan dari gedung bagian penerbitan hingga ke bagian percetakan.
  3. Urutan umum khusus, misalnya kita melaporkan hasil kunjungan ke pabrik, contoh lokasi, sejarah, dan perkembangannya diikuti hal-hal khusus dari berbagai aspek, seperti proses produksi, pemasaran, dan sebagainya
  4. Urutan khusus umum, misalnya melaporkan hasil percobaan, laporan dapat dimulai dari deskripsi data, analisis data, lalu simpulan.
  5. Urutan klimaks, misalnya melaporkan pengalaman yang mengesan. Kita dapat mulai dari hal-hal ringan dan diakhiri dengan inti peristiwa
  6. Urutan antiklimaks, misalnya melaporkan kecelakaan. Laporan dapat dimulai dari beberapa korban yang tewas, diikuti penjelasan mengenai jumlah korban yang luka, berat, ringan, dan tindak lanjut penanganan korban.
  7. Urutan sebab akibat, misalnya melaporkan bencana banjir. Laporan dimulai. Laporan dimulai  dari kondisi cuaca yang hujan terus menerus. Bobolnya tanggul sungai, pengaruh kondisi geografis daerah, dan dkakhiri dengan keadaan banjir.
  8. Urutan akibat-sebab,  misalnya melaporkan bencana kebakaran. Laporan dapat dimulai dari gedung al yang terbakar beserta korbannya. diikuti penjelasan sebab terajadinya kebakaran, seperti hubungan arus pendek di sebuah ruangan, dan lain-lain.
  9. Urutan penyelesaian  masalah, misalnya melaporkan kemacetan  lalu lintas di jalan raya.Kita dapat memulai laporan dari suasana kemacetan,dan diikuti   alternatif cara mengatasi kemacetan.
Hal-hal yang dilaporkan, yakni :
  •  fakta,contohnya, presiden Yudhoyono telah berakhir jabatannya.  
  • keadaan, contohnya, Indonesia saat ini  sedang mengalami inflasi di semua sektor.
  •  peristiwa,contohnya, Banjir selalu melanda DKI Jakarta setiap tahun.
  • rangkuman, contohnya, setiap sekolah memperoleh bantuan beasiswa setiap tahun dari pemerintah.
Cara menyajikan lisan dapat disajikan dengan metode :
  • naratif, laporan yang menyampaikan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar pembaca/pendengar seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan. 
  • deskriptif, laporan yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan agar pembaca/pendengar mendapat merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan
  • ekspositoris, laporan yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi agar pembaca/ pendengar mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.
  • argumentatif, laporan yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga pendengar atau pembaca meyakininya.
  • persuasif,  laporan yang  bertujuan untuk memengaruhi pembaca/pendengar. Laporan ini memerlukan data sebagai penunjang.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. CIK GU B1NDO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger